Labelisasi Penempelan Stiker Berubah Menjadi Penyemprotan Cat

  • Whatsapp

KABAR BANGKALAN | Sarana labelisasi penerima bantuan sosial berubah. Semula direncanakan penempelan stiker, kini berubah menjadi penyemprotan cat. Kediaman atau rumah penerima bantuan sosial hingga saat ini belum ada yang ditandai sebagai penerima bansos. Pemerintah daerah mengagendakan bulan depan sudah terlaksana.

Kepala Bidang (Kabid) Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Bangkalan Sukardi membenarkan adanya perubahan pelabelan pada rumah keluarga penerima manfaat (KPM). Namun tidak ada anggaran untuk kegiatan ini.

“Memang tidak ada anggarannya. Kami upayakan sendiri,” papar Sukardi.

Untuk labelisasi rumah KPM, direncanakan disemprot menggunakan cat. Saat ini, instansinya dalam proses pembuatan cetakan logonya. Disiapkan 20 cetakan yang akan disebar pada koordinator masing-masing program. Rumah yang akan diberi tanda yakni hanya penerima program keluarga harapan (PKH) dan BPNT.

Ada 53.994 orang yang menerima PKH, sedangkan penerima BPNT mencapai 57.01 orang. Sesuai dengan data bayar terakhir. Untuk penerima bantuan sosial lainnya tidak menjadi prioritas. Sebab untuk bantuan-bantuan lainnya tidak tetap dan bersifat sementara.

“Pemasangan label ini sebagai salah satu cara agar penyaluran bantuan tepat sasaran. Logo cat itu akan menjadi tandanya,” ulasnya.

Sukardi berharap, semua elemen masyarakat juga turut andil dalam pengawasan penyaluran bantuan ini. Bisa langsung melakukan pelaporan pada instansi terkait jika ditemukan KPM yang tidak tepat sasaran. Agar penerima dilakukan perubahan atau diganti.

Salah satu Anggota Komisi D DPRD Bangkalan Subaidi menuturkan, pemberian logo cat terhadap para penerima bansos juga harus dipertimbangkan. Seperti warna dan ukuran, harus dikoordinasikan dahulu dengan pemilik rumah.

“Ide ini bagus, tapi juga tidak boleh seenaknya, harus dikonsultasikan ke pemilik rumah,” saran Subaidi. (hel/waw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *