Bikin Petasan Berdaya Ledak Radius 1 Kilometer, Terancam 10 Tahun Penjara

  • Whatsapp

KABAR BANGKALAN | Rencana pesta petasan di Bancaran berhasil digagalkan oleh Polres Bangkalan. Kepolisian, mengamankan 142 petasan. Bahkan, salah satu petasan rakitan jumbo seukuran bayi. Sedikitnya, terdapat tujuh orang yang diamankan dan terancam hukuman 10 tahun penjara. Hal ini diungkapkan Kepala Polres Bangkalan AKBP Didik Hariyanto, Minggu (23/5/2021).

Menurutnya, penangkapan terhadap tujuh orang merupakan hasil patroli yang dilakukan Kamis (20/5/2021) lalu. Dari ratusan petasan yang diamankan ukurannya cukup bervariasi. Mulai dari kecil, sedang hingga besar. Penggerebekan dilakukan oleh petugas lantaran mendapat informasi dari warga sekitar.

Bacaan Lainnya

“Sore  sekitar pukul 16.00 WIB, setelah mendapatkan informasi dari masyarakat, tim gabungan langsung bertindak ke lokasi di Kelurahan Bancaran Bangkakan dan menyisir di dua kampung Penyageran dan Pancinan yang kemudian mendapati adanya bahan peledak untuk membuat petasan. Jenis petasan mulai dari  segitiga, tabung dan sreng dor.

“Pelaku melanggar Undang-Undang (UU) Darurat Nomor 12 tahun 1951 dengan ancaman  10 tahun penjara,” ujarnya.

Salah satu petasan jumbo seukuran bayi memiliki daya ledak mencapai radius 1 kilometer. Bahkan, ledakan tersebut bisa membahayakan lingkungan.  Sehingga dilakukan pengamanan. Selain berbahaya bagi orang lain, petasan tersebut sangat berbahaya untuk si pelaku lantaran bisa membahayakan nyawa sendiri.

“Saat ini pelaku dan barang bukti (BB) masih berada di Polres Bangkalan untuk dimusnahkan. Kami sudah sisihkan BBnya. Petasan ini bukanlah sebuah tradisi, melainkan sesuatu yang sangat membahayakan nyawa kita dan orang lain serta lingkungan sekitar,” tandasnya. (ina/ito)

Rincian 142 Petasan yang Diamankan Polres Bangkalan

  • 51 buah petasan jenis segitiga
  • 59 buah petasan jenis tabung
  • 32 buah petasan jenis sreng door

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *