Tersendat di Pendataan, Program Kusuka Tak Kunjung Selesai

  • Whatsapp

KABAR BANGKALAN | Pengurusan kartu usaha pelaku perikanan (Kusuka) di Bangkalan tidak berjalan mulus. Sebab, proses pendataan tidak kunjung selesai. Akibatnya, ribuan nelayan dan pelaku usaha perikanan belum memiliki kartu yang menjadi salah satu syarat kepemilikan usaha tersebut.

Kepala Dinas Perikanan Bangkalan Muhammad Zaini mengatakan, pendataan nelayan dan kelompok pengusaha perikanan dilakukan sejak beberapa bulan yang lalu. “Kami sudah meminta kepada para penyuluh untuk segera menyelesaikan pendataannya, karena ini benar-benar penting,” ujarnya, Rabu (26/5/2021).

Bacaan Lainnya

Meski pengurusan Kusuka langsung dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan, data yang harus dikumpulkan oleh penyuluh juga harus segera selesai. Sebab, kebutuhan Kusuka di Bangkalan masih banyak. “Kalau dari data yang sebelumnya, di Bangkalan masih banyak yang belum,” ucapnya.

Dari sekitar 8 ribu pengusaha dan pembudidaya perikanan serta nelayan, hanya sekitar 2 ribu yang sudah memiliki Kusuka. Sisanya, sebanyak 6 ribu belum mengantongi Kususka. Seharusnya, semuanya bisa terselesaikan di tahun 2021 ini. “Harusnya, tahun ini bisa kami maksimalkan, tapi mungkin masih ada kendala yang saya tidak ketahui,” tuturnya.

Sementara itu, salah satu Anggota Komisi B DPRD Bangkalan mendesak agar kebutuhan para nelayan bisa diberikan sebaik mungkin. Salah satunya, program Kusuka. Sebab, jika mereka memiliki kartu tersebut, berpeluang memperoleh bantuan. “Ini harusnya jadi solusi di tengah masa pandemi, jadi harus dimanfaatkan,” jelasnya.

Politisi Demokrat tersebut berharap, agar tenaga penyuluh tidak menjadi kendala dalam penerapan program Kusuka. Sebab, para nelayan dan pembudidaya biasanya memiliki kelompok. Sehingga bisa lebih mudah pendataannya melalui kelompok tersebut. “Saya hanya mengharapkan dinas tidak hanya fokus pada satu solusi, tetapi bisa melihat lebih banyak kesempatan yang bisa dimanfaatkan,” harapnya. (hel/ito)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *