Atlet Catur Asal Kamal Dapat Beasiswa ke Tiongkok

  • Whatsapp
Salah satu atlet Persatuan Catur Indonesia Bangkalan Ameliasih saat bermain catur di salah satu kompetisi catur di Surabaya. (Foto: Ist)

KABAR BANGKALAN | Salah satu atlet catur asal Bangkalan sukses mendapat pembiayaan kuliah di Negeri Tiongkok. Hal tersebut dirasakan oleh Ameliasih, salah satu gadis belia asal Kecamatan Kamal, yang sudah memiliki bakat bermain catur sejak kelas 5 sekolah dasar (SD).

Ameliasih menceritakan, dirinya dahulu sempat dinilai tidak pintar lantaran tidak mahir di berbagai mata pelajaran. Bahkan kedua orang tuanya kerap dipanggil ke sekolah lantaran dirinya tidak mampu menyelesaikan ujian dengan baik. Bahkan dengan nilai yang cukup.

Bacaan Lainnya

“Saya dulu sempat dibilang bodoh, karena memang lemah di semua mata pelajaran,” katanya.

Tetapi di sisi lain, dirinya selalu menghabiskan waktunya di rumah untuk bermain catur. Sebab, ayahnya yang kebetulan merupakan pelatih catur, terus membimbingnya agar terus berkembang di dunia olahraga catur.

“Awalnya dulu saya melihat ayah bermain, tetapi saat mulai mencoba, saya merasa nyaman dan tertarik,” ulasnya.

Sehingga kemudian keterampilan itu terbukti saat menjuarai kompetisi catur di Jawa Timur tahun 2005. Semenjak itu Ameliasih mendapatkan perhatian khusus sebagai salah satu atlet catur yang dibanggakan di Bangkalan.

“Pertama kali saya merasa senang dan berhasil,” tuturnya.

Bahkan, lanjut dia, setelah lulus SMA, dirinya mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan studi di Tiongkok. Ameliasih juga menuturkan, bahwa keberhasilan itu semua atas kegigihannya menjalani latihan. Sehingga mendapatkan hasil yang sangat memuaskan.

“Awalnya tidak percaya, tapi ternyata memang semuanya diluar rencana manusia,” tuturnya.

Sebagai seorang atlet catur internasional, dirinya juga selalu menyempatkan diri untuk berlatih dan memberikan pelajaran bagi adik-adiknya. Sebab yang diperlukan dalam bermain catur adalah konsentrasi, kecepatan dan ketepatan.

“Kalau tidak bisa memadukan ketiganya, sulit menjadi atlet catur yang cekatan,” pungkasnya. (hel/mam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *