Peserta Program Pelatihan Kerja Terbatas

  • Whatsapp
Peserta antusias mengikuti pelatihan keterampilan kerja di Balai Latihan Kerja (BLK) Bangkalan.

KABAR BANGKALAN | Demi memperkecil jumlah pengangguran di Kabupaten Bangkalan, program pelatihan kerja bagi masyarakat mulai direalisasikan.  Hanya saja, masih ada lima jenis pelatihan yang akan diterapkan. Masing-masing, mengelas, otomotif, listrik, menjahit dan teknologi informatika dan komunikasi (TIK).

Setiap jenis pelatihan akan diisi 16 orang untuk dilatih. Bahkan, pelatihan tersebut sudah dimulai sejak akhir bulan Maret lalu dengan masa pelatihan hingga akhir tahun. Hal ini diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Pelatihan dan Ketenagakerjaan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dispernaker) Bangkalan Hariyani  Fitriningsih, Kamis (11/6/2021).

Bacaan Lainnya

“Karena persyaratan  pelatihan berbasis kompetensi. Jadi, setiap kelasnya itu memang 16 orang  tidak bisa lebih,” ujarnya.

Menurutnya, program pelatihan terhadap masyarakat pada dasarnya direalisasikan dari tahun 2011 lalu. Sedangkan  untuk ketentuan peserta, berumur 18 hingga 35 tahun. Bahkan, tidak ada biaya atau gratis dalam program tersebut.

“Peserta juga tidak diberikan pesangon setiap bulan, karena programnya ini pelatihan bukan mempekerjakan,” tuturnya.

Pihaknya menegaskan, terdapat tujuh orang dari pegawai negeri sipil (PNS) yang membimbing para peserta. Sejak program tersebut direalisasikan, diakui sudah banyak meluluskan pekerja yang terampil. Hanya saja, tidak mengetahui secara pasti jumlah lulusan pekerja terampil yang diluluskan tersebut.

“Yang jelas kami sudah banyak meluluskan peserta pelatihan dan mereka banyak yang punya usaha sendiri. Terhitung sejak program ini direalisasikan yakni tahun 2011 lalu,” tegasnya. (ina/ito)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *