Ada Siswa Tidak Lulus, Dewan Akan Panggil Disdik Bangkalan

  • Whatsapp
Achmad Hariyanto: Wakil Ketua Komisi D DPRD Bangkalan

KABAR BANGKALAN | Kelulusan siswa/i tingkat sekolah dasar (SD) di Bangkalan, mulai diumumkan. Dari 15.607 siswa/i, sedikitnya tujuh orang tidak diluluskan. Indikasinya, pindah domisili dan tidak aktif mengikuti pembelajaran secara daring.  Hal ini diungkapkan Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Bangkalan M. Zainul Qomar, Kamis (17/6/2021).

Menurutnya, pengumuman ketidaklulusan tujuh siswa/i itu diketahui berdasarkan laporan yang masuk ke instansinya. Sedangkan untuk faktor tidak lulusnya tujuh siswa cukup bervariasi. Hanya saja, umumnya akibat pindah domisili dan tidak aktif mengikuti pembelajaran secara daring.  “Dua anak tidak lulus karena tidak aktif pembelajaran selama daring. Sehingga tidak ada nilai saat kelas 6 SD,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua Komisi D DPRD Bangkalan Achmad Hariyanto berjanji, akan memanggil Disdik untuk mengevaluasi keterangan mengenai banyaknya siswa SD hingga sekolah menengah pertama (SMP) tidak lulus. Terutama, ketika pemberlakuan pembelajaran secara daring.

“Prinsipnya gini, dengan kondisi daring ini semua sekolah harus memaksimalkan pokok kurikulum dan nilainya. Maka, kami di lembaga ini tidak menginginkan sumber daya murid berkurang,” responnya.

Sebab, pihaknya tidak ingin dengan kejadian itu mengurangi prestasi murid. Jika memang siswa ini tidak lulus, akan melakukan pembinaan. Apalagi, posisinya saat ini belajar masih belum bisa dilakukan pembelajaran tatap muka.

“Kami akan melakukan koordinasi juga kepada Korwil dan Disdik. Nanti protapnya yang tidak lulus itu bagaimana, sehingga momentum Covid-19 siswa harus diluluskan,” tegasnya.

Diketahui, pengumuman kelulusan untuk lembaga SMP tanggal 4 Juni 2021 lalu. Sedikitnya, ada 10 siswa/i SMP Negeri dan swasta yang tidak lulus dari jumlah total 11.357 siswa/i kelas 3. Sedangkan, untuk lembaga SD Negeri sebanyak 7 siswa yang tidak lulus dari total siswa kelas 6 sebanyak 15.607. (ina/ito)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *