Dinkes Bangkalan Sasar Ratusan Ribu Vaksinasi Siswa

  • Whatsapp
Salah satu siswa SMPN 1 Bangkalan melakukan vaksinasi di Gedung Rato Ebu, Bangkalan, kemarin. (Foto: Helmi Yahya)

KABAR BANGKALAN | Setelah vaksinasi dilakukan terhadap masyarakat secara umum, kali ini menyasar secara khusus. Yakni, terhadap kalangan remaja dan siswa. Bahkan, tidak tanggung-tanggung target vaksinasi mencapai ratusan ribu remaja dengan usia 12 tahun hingga 17 tahun. Terutama, terhadap kalangan siswa.

Tujuannya, agar bisa mempersiapkan diri menuju pembelajaran tatap muka (PTM). Sedangkan, target vaksinasi terhadap kalangan remaja ini sebanyak 107.000 siswa. Program tersebut, merupakan hasil koordinasi dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI). Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bangkalan Sudiyo, Selasa (13/7/2021).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, pemberian vaksin untuk anak dan remaja sudah dilakukan usai mendapat informasi dari Kemenkes RI yang memperbolehkan vaksin Corona Vac kepada anak sekitar seminggu lalu. Pemberian vaksin terhadap remaja dilakukan dengan teknis dan dosis yang sama. Sehingga, tidak ada perbedaan atau pengurangan dosis.

“Iya, kami salah satu yang sudah memulai, karena acuan kami edaran dari pusat. Vaksinnya sama, dosisnya juga sama, tidak ada perbedaan,” ujarnya.

Pihaknya menegaskan, hingga saat ini capaian vaksinasi terhadap kalangan remaja sudah di angka 1.000 orang. Untuk mendukung ketercapaian target, sudah melakukan kerjasama lintas sektoral dengan Dinas Pendidikan (Disdik). Yakni, dengan mendelegasikan para siswanya untuk diberikan vaksinasi.

“Ini akan terus kami lakukan, hingga herd immunity di Bangkalan ini terbentuk. Jadi untuk siswa memang kami prioritaskan,” tegasnya.

Dijelaskan, siswa yang hendak melakukan vaksin harus didampingi guru atau orang tua dengan meminta surat keterangan izin orang tua. Tujuannya, untuk memastikan bahwa orang tua siswa sudah mengetahui.

“Ya memang kami minta surat izin, agar lebih aman saja,” terangnya.

Sementara itu, Kabid Pembinaan SMP Disdik Bangkalan Jufri Kora membenarkan adanya vaksinasi lintas siswa. Meski demikian, tidak ada unsur paksaan bagi siswa untuk melaksanakan vaksinasi. Sesuai dengan himbauan Polres Bangkalan, para siswa diharapkan melakukan vaksinasi. Sebab, jika memang nanti sudah bisa dilakukan PTM sudah di vaksin, baik guru dan siswanya. (hel/ito)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *