Jelang Idul Adha, Dishub Bangkalan Bakal Terapkan Buka-Tutup Jalan

  • Whatsapp
Beberapa petugas menutup akses jalan di Jalan Soekarno Hatta, Bangkalan. (Foto: Helmi Yahya)

KABAR BANGKALAN | Penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat kian diperketat. Sejumlah titik jalan menggunakan sistem buka-tutup. Seperti di Jalan  Soekarno Hatta dan Jalan Panglima Sudirman. Tujuannya, untuk mengurangi mobilitas sosial kerumunan masyarakat.

Bahkan, akan ada tambahan beberapa titik jalan dengan sistem buka-tutup. Sehingga, mampu meminimalisir mobilitas masyarakat dengan maksud tidak keluar rumah jika tidak ada kebutuhan yang sangat mendesak atau penting. Hal ini diungkapkan Sekretaris Satpol PP Bangkalan Ari Murfianto, Selasa (13/7/2021).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, tim satgas juga sudah mulai menyetujui adanya penambahan sistem buka-tutup jalan. Sebab menjelang perayaan Idul Adha, masyarakat akan mulai banyak keluar untuk belanja memenuhi kebutuhan. Sehingga, kondisi itu akan memicu kerumunan pada pelaksanaan PPKM darurat.

“Selain penerangan jalan umum (PJU) dimatikan, jalan nanti akan kami tutup. Apalagi, menjelang hari raya kurban pasti banyak warga yang berkeliaran,” ujarnya.

Selain itu, jika tahun sebelum penyekatan atau pengawasan di satu titik akses jalan dekat Suramadu. Pada penerapan PPKM darurat, hanya akan fokus melakukan pengawasan di area perkotaan. “Nanti kami fokus di masing-masing titik saja, tidak seperti tahun lalu,” jelasnya.

Senada diungkapkan Kasi Penertiban Lalu Lintas (Lalin) Dinas Perhubungan (Dishub) Bangkalan Syaiful Rahman. Adanya kebijakan buka-tutup jalan, memang untuk mengurangi mobilitas masyarakat di jalan umum dengan ketentuan waktu secara bergantian di setiap titik jalan.

“Sementara, pada pukul 20.00 di sepanjang Jalan Soekarno Hatta akan ditutup hingga pukul 23.00. Kemudian, pada pukul 09.00 di sepanjang Jalan Panglima Sudirman ditutup hingga pukul 10.00. Titik jalan tersebut, memang memiliki mobilitas keramaian yang padat,” tukasnya. (hel/ito)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *